1 Korintus 13:4

Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.

Jumat, 02 Juli 2010

Kasih Agape Sejati

1 Peter 4:8  Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.
Rasul Petrus memberitahu kita bahwa kita memiliki “kasih yang sungguh-sungguh”. Kita hendak mengajukan tiga pertanyaan: Apa itu “kasih yang sungguh-sungguh”, Mengapa kita harus memilikinya, dan mengapa terutama di antara orang-orang Kristen?
Pertama, kasih yang sungguh-sungguh adalah kasih yang konsisten dan terus-menerus terhadap orang lain. Jenis kasih yang begini tidak dapat kamu lihat di televisi atau kamu dengar dalam lagu. Jenis kasih yang sering kita lihat di televisi adalah bukan kasih sejati, karena sering kali dunia tidak mengerti apa itu kasih yang sejati. Kasih agape sejati adalah kasih yang berkorban, baik, tidak egois.
 
Kedua, kita harus memiliki kasih yang sungguh-sungguh karena orang lain mengetahui bahwa kita adalah orang Kristen melalui kasih kita. Karena hanya orang-orang percaya sejati kepada Yesus dapat memiliki dan menunjukkan kasih ini. Oleh karena itu, kasih yang baik ini jarang ditemukan dan mudah dibedakan. Kasih ini sangat sukar dimiliki, dan tak seorangpun akan dapat memilikinya tanpa bersandar kepada Tuhan.
Ketiga, kita harus memiliki kasih ini khususnya terhadap sesama orang percaya, karena kita perlu saling menguatkan dalam kasih yang seperti ini. Ketika kamu melihat seseorang yang memiliki kasih yang tidak mementingkan diri sendiri kamu akan cenderung mengikutinya. Bayangkan suatu kebaikan dan sikap tidak egois. Perbuatan baik ini akan memacu orang lain dalam kelas untuk berbuat baik juga. Jika semua orang dalam kelas menunjukkan kasih agape, maka orang luar yang datang ke kelas akan merasakan kejutan yang menyenangkan.
Kapan terakhir kamu melihat kebaikan dan ketidakegoisan dalam kelas? Kapan terakhir kali para murid mengucapkan terima kasih kepada guru atau orang lain yang menolongnya? Jadilah pelopor untuk melakukan hal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar